Vitamin secara umun

Definisi :

Vitamin adalah zat-zat organik kompleks yang dibutuhkan dalam jumlah sangat kecil dan pada umumnya tidak dapat dibentuk oleh tubuh. Oleh karena itu, harus didatangkan dari makanan. Vitamin termasuk zat pengatur pertumbuhan dan pemeliharaan kehidupan.Tiap vitamin mempunyai tugas spesifik di dalam tubuh. Karena vitamin adalah zat organik maka vitamin dapat rusak karena pengolahan dan penyimpanan.

Sejarah :

Istilah vitamine pertama kali digunakan pada tahun 1912 oleh Cashimir Funk di Polandia. Dalam upaya menemukan zat di dalam dedak beras yang mampu menyembuhkan penyakit beri-beri, ia menyimpulkan bahwa penyakit tersebut disebabkan oleh kekurangan suatu zat di dalam makanan sehari-hari. Zat ini dibutuhkan untuk hidup (vita) dan mengandung unsur nitrogen (amine), oleh sebab itu diberi nama vitamine. Penelitian selanjutnya membuktikan bahwa ada beberapa jenis vitamin yang ternyata tidak merupakan amine. Oleh sebab itu istilah vitamine kemudian di ubah menjadi vitamin.

Fungsi Vitamin :

Vitamin berperan dalam beberapa tahap reaksi metabolisme energi, pertumbuhan dan pemeliharaan tubuh, pada umumnya sebagai koenzim atau sebagai bagian dari enzim. Sebagian besar koenzim terdapat dalam bentuk apoenzim, yaitu vitamin yang terikat dengan protein. Hingga sekarang fungsi biokimia beberapa jenis vitamin belum diketahui dengan pasti.

Pengelompokan :

Vitamin di bagi menjadi dua kelompok besar yakni vitamin yang larut dalam air dan vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin yang larut dalam lemak terdiri dari vitamin A,D,E dan K. Vitamin yang larut dalam air terdiri dari vitamin B dan C.

Karakteristik umum yang membedakan vitamin larut dalam lemak dari vitamin larut dalam air dapat dilihat pada tabel berikut :

Referensi :

Sunita Almatsier. 2005. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

1 Komentar

  1. Cui said,

    Agustus 18, 2015 pada 1:57 pm

    Terima kasih infonya …😉


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: